Sejarah Desa

Kadilangu dulunya adalah gabungan dari dua desa yaitu Kadilangu dan Kudu Kulon. Pada tahun 1922 kudu dibagi menjadi dua lokasi dengan dibatasi oleh sungai dan pembuatan jalan desa yang menyisir disepanjang sungai sehingga sebelah barat sungai disebut kudu kulon dan dan sebelah timur kudu wetan …. pada tahun 1922 Kudu Kulon dan Kadilangu digabung menjadi satu desa yaitu desa Kadilangu. Disebut Kadilangu karena waktu itu kondisi lingkungan alam dan tipikal masyarakatnya mirip dengan Desa Kadilangu di Demak.

Kadilangu mempunyai beberapa pedukuhan yang sangat istimewa antara lain;

  1. Dukuh Tegalsari, dinamakan tegalsari karena pada masa lampau daerah tersebut berupa tenggalan yang hasil alamnya melimpah ruah.
  2. Dukuh Oven Sari dinamakan Oven Sari karena di masa lalu wilayah terebut berdiri oven tembakau yang merupakan penghasil tembakau virginia.
  3. Duku Duwet dinamakan Duwet karena di masa lampu di wilayah tersebut banyak terdapat pohon duwet yang saat ini pohon-pohon tersebut sudah hilang.

Adapun silsilah lurah Desa Kadilangu adalah sebagai berikut;

  1. Arjo Taruna
  2. Somo Handoyo
  3. Suciman
  4. Mangun Wino
  5. Sastro Harjo
  6. Sono Sumarsono
  7. Sri Suwarto
  8. Umardhani
  9. Suharto

*Mohon maaf bila dalam penulisan sejarah Kadilangu terdapat kesalahan dan kami mohon partisipasi masyarakat untuk penyusunan sejarah yang lebih lengkap dan tepat.

Link Tekait